Berbagi ilmu – Indah

Latihan Persiapan Pengoperasian Kilang BaruMelalui DCS dilatih di OTS DCS

Kilang Pengolah Minyak Mentah, umumnya memiliki berbagai Sarana Peralatan Unit Proses Sarana Kilang yang cukup lengkap cukuprumit sehingga perlu pengenalan dan pelatihan yang baik untuk kecermatan dan terbiasa dengan parameter variable kendali proses.

Unit Proses Kilang diantaranya ada Unit Destilasi minyak mentah (CDU), berbagai unit Secondary Processing ( Gas Treating, LPG Treating & Recovery, Propylene Recovery, Premium Treating & Recovery Unit, Kerosene Treating / Avtur, Diesel Oil Treating and Long Residue Catalytic seperti Residue Fluid Catalytic Cracking Unit (RFCC)) dan sebagainya. Selain itu ada juga kilang yang memiliki unit Petrokimia sebagai unit proses lanjut, memanfaat lanjut product hasil minyak bumi, hydrocarbon, khususnya hasil cracking minyka mentah atau hydrocarbon lainnya. Intinya, semua unit proses dibuat atau disediakan sebagai upaya merecovery hasil samping penolahan dan meningkatkan nilai tambah keekonomian pada setiap Kilang yang Pengolahan Minyak mentah atau senyawa hydrocarbon sejenis. Dewasa ini mulai banyak diolah hydrocarbon dari minyak kelapa sawit, atau pembuatan senyawa hydrocarbon dari gasifikasi batu bara. Perkembangan teknology dan kebutuhan ekonomi, mengharuskan setiap pabrikan dan industriawan mencari solusi atau membangun sarana olah termurah yang menjamin kesinambungan supply yang dibutuhkan Industri dan kebutuhan pasar.

Gambar diatas memperlihatkan cuplikan pelatihan di ruang Simulator Operator Training DCS Simulator, sarana latih Operator Panel Kilang. Kemahiran operasi ‘Secara Team Work’ terpadu sangat diperlukan, mengingat investasi dan biaya operasi kilang sangat besar dan mahal, sehingga kerugian operasi juga akan besar pada setiap kegagalan.

Perjalanan Ketempat Pelatihan dan Ketempat Tugas Yang dilatih

Pada saat kunjungan ke daerah yang ada kilang minyak, dan untuk perjalanan, kadang kala harus naik pesawat terbang. Bla harus naik pesawat kecil, bisa menikmati pemandangan dari jendela pesawat tersebut yang terlihat indah. Keindahan alam dan awan akan tampak jelas dari pesawat kecil, dan bukan pesawat bterbang yang besar. Pemandangan dinikmati sambil santai, disamping menikmati hidangan dipesawat, minum teh atau Kopi dan makanan kecil sambil memperhatikan gumpalan awan dari jendela pesawat.

Kadang kala, disaat tertentu, melihat awan besar terasa sedikit agak menegangkan, khususnya bila cuaca mendung dan berawan menghitam. Awan ada yang bergumpal, ada yang terlihat bagaikan gunung besar dan tinggi. Terlihat putih bila ada sinar matahari langsung, atau awan gelap besar bila sinar matahari agak tertutup dibalik awan lainnya dan inilah pemandangan selama perjalanan yang terlihat jelas dari jendela pesawat bila yang naiki adalah pesawat kecil. Pesawa terbangnya relatif tidak terlalu tinggi. Pesawat sedang terbang serasa menelusuri sela sela awan besar tersebut agar tidak terguncang. Bila awan dimasuki pesawat, pesawat akan sedikit terguncang, bagai kerkendaraan diatas jalan yang agak rusak dan tentu itu telah diperhitungkan seksama oleh para pilot pesawat terbang tersebut. Adakalanya memang sedikit menegangkan, namun indah pemandangannya dan sedikit menegangkan, bagai menambah keindahan dan kenikmatan berkendara diselang seling awan yang bak bukit besar tersebut.

Selama tidak terguncang, kita bisa menikmati pemandangan sambil menikmati hidangan kopi, walau terbaik bila dari botol yang sengaja dibawa sendiri yang memang secara khusus selalu dibawa sebagai pendamping disetiap perjalanan. Ini tentunya bila tidak dilarang saat akan boarding kepesawat.

Awan terlihat besar dan tinggi dari jendela pesawat terbang, namun menarik perhatian bila terbang disela sela celah gumpalannya.

Seakan Ada Misteri dibalik awan, Yang Indah Itu