Awan & Alam Itu Indah

Keindahan itu anugerah Tuhan dalam kehidupan yang sangat penting. Indah itu baru dirasakan setelah melalui indra mata, dinikmati pesona nya dan kemudian dirasakan dalam kalbu. Keindahan bisa mempengaruhi jiwa, memberikan ketenangan, kenyamanan  dan pesona.

Kraya Maha Agung, terbentang di Nusantara Indonesia yang Indah
Kraya Maha Agung, terbentang di Nusantara Indonesia yang Indah

Sebaliknya, kerusakan atas keindahan tanpa disadari mencemari kalbu, bisa menimbulkan ketegangan kecil dalam jiwa, dan dis harmonis dalam perasaan. Bayangkan, bila anda dikantor, bila ruang kantor tidak indah, tata ruang serba tidak indah atau tidak sehat, betahkah. Dirumah, tidak indah, tata ruang, dan segalanya tidak indah, atau dilingkungan serba tidak indah, apa jadinya.

Karenanya, tanggung jawab atas keindahan, keteraturan, penataan yang rapi  merupakan rincian dari keindahan tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab setiap orang.

Udara dan Awan itu Alam Yang Indah
Udara dan Awan itu Alam Yang Indah

Indah bisa muncul karena secara alami telah ada dan tersedia. Indah ada yang diperoleh dari sentuhan tangan yang pintar, memadukan alam menjadi indah. dan indah bisa menjadi kebiasaan masyarakat bilamana keinginan demikian telah terbudaya dalam diri masyarakat melalui kebiasaan dalam nuansa keindahan. Namun perlu dipelihara bersama.

Sebaliknya, kerusakan indra, rasa dan tata nilai keindahan bisa rusak oleh sikap ketidak pedulian masyarakat, atau pembiaran pembiaran yang terjadi. Lihatlah kekumuhan yang terjadi di kota kota. semula indah, namun pembiaran menyebabkan perbaikkan harus dimulai dari awal kembali.

Nusantara
Pemandangan gunung dari pesawat udara

Kota Bandung, Kota Jakarta, Kota kota lainnya yang semula dibangun untuk tujuan perbaikkan, rusak oleh pembiaran pembiaran. Hal yang paling parah adalah rusaknya standard tata nila  keindahan masyarakat terhadap lingkungan.

Oleh karenanya, Indah harus dibangun, mulai dari lingkungan pribadi, perumahan, RT perorangan, RT,  RW,  Kelurahan, Perkantoran dan tata kota. dari dara, sunga dan lautan serta udara Nusantara ini.

Semuga setiap insan terketuk dalam memulihkan dan membangun keindahan ini.

Syo.